Tugas Liqo

Sudah hampir 2 bulan saya mengikuti liqo, tapi saya belum pernah ditugaskan oleh murobbi. Tepat tanggal 7 Juni 2008, akhirnya murobbi pun memberikan tugas ke pada kami. Tugas yang pertama adalah kami suruh menghafalkan beberapa ayat yang ada dalam Al Quran. Ayat yang pertama kami hafalkan adalah QS. Al Baqarah 153-157. Lafadz ayat itu adalah :
Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu1, Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu ) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup2, tetapi kamu tidak menyadarinya. dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun"3. Mereka Itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka Itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.
Ket :
  1. Ada pula yang mengartikan: mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat.
  2. Yaitu hidup dalam alam yang lain yang bukan alam kita ini, di mana mereka mendapat kenikmatan-kenikmatan di sisi Allah, dan hanya Allah sajalah yang mengetahui bagaimana Keadaan hidup itu.
  3. Artinya: Sesungguhnya Kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah Kami kembali. kalimat ini dinamakan kalimat istirjaa (pernyataan kembali kepada Allah). Disunatkan menyebutnya waktu ditimpa marabahaya baik besar maupun kecil.
Selain hafalan doa-doa harian, ternyata ayat-ayat ini pun dijadikan sebagai bacaan yang sering diucapkan oleh kami pada setiap liqo.

Artikel yang berhubungan diantaranya :



0 komentar:

Post a Comment


Copyright 2013 Wasum Diwa