Bebaskan Belenggu Itu

Ada juga orang yang sudah tidak mau lagi mengevaluasi pikiran dan tindakannya, karena ia sudah merasa dirinya suci dan terbaik. Yang seperti ini disebut dengan belenggu pikiran. Kesadaran diri, bahwa hanya Allah-lah yang paling sempurna, akan membuat ia menjadi sebuah gelas kosong yang siap untuk diisi dengan ilmu pengetahuan yang segar dan baru. Sehingga sia untuk membuat suatu langkah penyempurnaan. Seperti salah satu hadits Nabi Muhammad SAW yang berbunyi : "Apabila hari ini sama dengan kemarin itu adalah merugi".
Karena itu, orang yang selalu merasa dirinya sudah suci dan paling sempurna, justru ia akan lebih mudah sekali terjerumus dalam kegagalan, baik kegagalan berpikir atau tindakan.
"(yaitu) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Luas ampunanNya. dan Dia lebih mengetahui (tentang keadaan)mu ketika Dia menjadikan kamu dari tanah dan ketika kamu masih janin dalam perut ibumu; Maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa.(QS. An Najm ayat 32)

Artikel yang berhubungan diantaranya :



0 komentar:

Post a Comment


Copyright 2013 Wasum Diwa